-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Sispamkota, Anggota Polres Grobogan Halau Kerusuhan Pilkada

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Sispamkota, Anggota Polres Grobogan Halau Kerusuhan Pilkada

Suasana kerusuhan di Alun-alun Purwodadi,  Rabu (21/8/2024).


GROBOGANTODAY, PURWODADI - Sejumlah massa terlibat kerusuhan. Satu kelompok massa pendukung salah satu calon terlibat keributan dengan pendukung  calon yang lain. Sempat terjadi dorong-mendorong antara pelaku kerusuhan dengan petugas kepolisian. Namun ini hanyalah latihan Simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota di Alun-alun Purwodadi , Rabu (21/8/2024) jelang Pilkada 2024.


Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan mengatakan, kegiatan latihan sispamkota dalam rangka operasi mantap praja candi 2024 bertujuan melatih kemampuan dan ketrampilan personel dalam menangani aksi unjuk rasa maupun gangguan kamtibmas pada pilkada tahun 2024.

 


"Dalam mewujudkan kesiapan dan profesionalisme personel diperlukan kegiatan peningkatan kemampuan. Salah satunya adalah latihan sispamkota yang merupakan bentuk simulasi menghadapi situasi keamanan tidak kondusif sebagai dampak dari pelaksanaan pilkada," katanya.


Selain meningkatkan kemampuan anggota, lanjut Kapolres Grobogan, kegiatan ini sekaligus untuk merefresh kembali agar anggota semakin yakin dan mantap dalam melaksanakan tugas di lapangan.  Serta memiliki gambaran jelas tentang apa yang harus dilakukan pada saat melakukan penanganan terhadap aksi unjuk rasa.


"Kita mempunyai tugas yang sangat berat. Karena pelaksanaannya dilakukan secara serentak, sehingga berpotensi menimbulkan kerawanan lebih tinggi. Khususnya pada saat distribusi surat dan kotak suara, pemungutan suara serta penetapan hasil pemilu," ungkapnya. 


AKBP Dedy Anung Kurniawan, juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang telah hadir, termasuk personel Polres Grobogan yang telah melakukan kegiatan simulasi ini dengan baik.



Kapolres Grobogan berharap dengan adanya simulasi Sispamkota yang dilaksanakan saat ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman sehingga situasi kamtibmas yang kondusif dapat tercipta di wilayah hukum Polres Grobogan.


"Saya yakin dan percaya masyarakat Grobogan itu masyarakat yang cinta damai sehingga tidak perlu terjadinya hal-hal yang bisa bersifat anarkis yang bisa menimbulkan korban jiwa," tambahnya.


Sementara itu, dalam simulasi Sispamkota ini digambarkan tentang adanya ancaman serta gangguan Kamtibmas pada saat pelaksanaan rangkaian Pilkada. Dimana, anggota Polisi mulai mengambil langkah-langkah dari tindakan prefentif yang sampai akhirnya harus dilakukan tindakan tegas.Dalam penanganannya polisi telah sesuai dengan tahapan-tahapan dan cara bertindak pada situasi-situasi tertentu yang memerlukan pengamanan dari kepolisian.


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post